Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung Rugi Ambil Pinjaman Dana Tunai Lewat Kredit Multiguna


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat di zaman sekarang, bahkan ada yang hanya bermodalkan KTP saja nantinya uang pinjaman yang diminta pasti akan cair. Di negara berkembang seperti Indonesia ini, masalah keuangan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari, hal yang cukup sering terjadi dan memaksa banyak orang untuk mengajukan hutang kepada pihak lain, seperti diantaranya adalah teman, saudara sampai dengan bank. Beberapa produk keuangan yang banyak diminati oleh masyarakat adalah kredit multiguna atau yang dikenal sebagai pinjaman berjaminan.

Keunggulan Kredit Multiguna

Sebelumnya mungkin banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan istilah kredit multiguna, namun sebenarnya apakah itu? Kredit multiguna dikenal juga dengan pinjaman berjaminan. Artinya Anda bisa mendapatkan sejumlah uang pinjaman dengan mengandalkan barang jaminan. Umumnya tidak hanya bank saja yang menawarkan produk keuangan tersebut, melainkan juga Pegadaian sampai dengan fintech juga ada.

Dibandingkan dengan produk pinjaman yang lain seperti halnya KTA atau Kredit Tanpa Agunan, maka produk kredit multiguna ini memiliki lebih banyak keunggulan, diantaranya adalah:

1. Menawarkan limit pinjaman yang tinggi, jika KTA hanya bisa memberikan nilai pinjaman hingga puluhan juta rupiah saja, maka berbeda dengan produk kredit multiguna yang plafonnya mencapai ratusan juta rupiah bahkan juga sampai dengan milyaran rupiah. Tentunya dengan nominal plafon yang besar tersebut memudahkan bagi Anda yang kebutuhannya juga besar.

2. Tenor lebih panjang, sesuai dengan plafon pinjaman yang tinggi, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman yang diberikan oleh bank juga jadi relatif lebih panjang, yaitu sampai dengan puluhan tahun. Tentunya dengan adanya tenor yang panjang memungkinkan untuk bisa mendapatkan nilai cicilan relatif ringan.

3. Bunga lebih ringan, secara beban bunga yang harus dibayarkan, Anda bisa membandingkan sendiri antara produk pinjaman KTA dengan kredit multiguna ini, karena kredit multiguna sendiri menawarkan nilai bunga yang relatif lebih kecil. Sehingga beban pengembalian Anda juga akan terasa lebih ringan.

4. Pemakaian lebih fleksibel, dana tunai yang didapatkan lewat produk kredit multiguna ini nantinya juga bisa Anda pakai untuk berbagai macam kebutuhan sesuai dengan namanya kredit multiguna. Anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari sampai dengan digunakan sebagai modal usaha juga.

5. Potensi approve atau diterima lebih tinggi dibandingkan dengan KTA, fakta yang lainnya adalah produk KTA meskipun terasa menguntungkan, namun potensi persetujuan dari bank lebih kecil, karena syarat yang diberikan banyak serta prosedurnya sendiri juga relatif lebih panjang, kurang cocok untuk kebutuhan yang sifatnya darurat.

Kekurangan Kredit Multiguna

Di satu sisi, selain ada berbagai keuntungan atau kelebihan yang ditawarkan lewat produk pinjaman beragunan ini, maka ada sejumlah kekurangan yang harus diwaspadai, diantaranya adalah:

1. Resiko barang jaminan, kekurangan yang pertama adalah karena jenis kredit multiguna ini mewajibkan bagi calon nasabahnya untuk menyertakan adanya barang jaminan yang nantinya akan digunakan sebagai agunan, jadi ketika sewaktu-waktu nasabah tidak mampu , memenuhi kewajiban pembayaran dari cicilan atau hutang yang dimiliki, secara otomatis nantinya agunan tersebut akan disita oleh pihak bank. Sehingga memang jenis pinjaman yang satu ini cukup beresiko untuk dilakukan.

2. Kurang pas untuk masyarakat yang butuh uang pinjaman dalam jumlah kecil, pasalnya jenis pinjaman semacam ini mengharuskan Anda menggunakan barang jaminan, serta otomatis nantinya jumlah yang diberikan oleh lembaga pembiayaan juga relatif tinggi, sesuai dengan harga dari barang jaminan tersebut. Sehingga kurang pas bagi Anda dengan tingkat kebutuhan dana kecil.

Penting juga untuk pilah-pilih lembaga terbaik yang nantinya akan memberikan pembiayaan, seperti diantaranya adalah dapat dipercayakan hanya kepada Moladin Finance Indonesia, membantu Anda untuk mendapatkan dana tunai hanya dengan bermodalkan BPKB kendaraan. Sejauh ini MOFI sudah memiliki jaringan agen yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga mudah bagi Anda untuk mengajukan pinjamannya melalui berbagai agen yang ada di dalam negeri, apply sekarang juga dan segera dapatkan uang pinjaman yang dibutuhkan.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Untung Rugi Ambil Pinjaman Dana Tunai Lewat Kredit Multiguna"

Follow Berita/Artikel Cahaya Perdana di Google News